Senin, 11 Oktober 2010

Pentingnya Arti Kalsium Bagi Tubuh Kita

Apakah Kalsium itu?

Kalsium adalah zat organik yang paling banyak terdapat dalam tubuh manusia. Pada manusia normal, kandungan kalsium adalah 1,5 sampai 2,2% dari berat tubuh, berat total sekitar 700 sampai 1400 g. 99% dari kalsium tersebut terdapat di dalam tulang dan gigi; sisanya tersebar di cairan tubuh dan di dalam jaringan lunak, dalam bentuk larutan. Kalsium tersebar di dalam dan di luar pembuluh darah, di dalam dan di luar sel di seluruh tubuh, dan ikut serta dalam berbagai aktivitas kehidupan.

Apa fungsi kalsium terhadap mekanisme tubuh?

Kalsium merupakan regulator aktivitas kehidupan tubuh manusia.

Kalsium mengemban fungsi fisiologis yang penting dalam tahap pertumbuhan manusia, mulai dari anak-anak sampai dewasa bahkan hingga usia tua, kalsium merupakan unsur penting yang tak boleh kurang untuk menjamin tubuh yang sehat dan usia panjang.

Kalsium sangat penting bagi pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh, dan mempunyai fungsi penting untuk mempertahankan struktur normal sel, penyampaian pesan syaraf, fungsi penyusutan otot, dan denyut normal jantung, serta mempunyai pengaruh dalam mengendalikan pembekuan darah dan tekanan darah. Tubuh manusia setiap hari kehilangan kurang lebih 600 gram kalsium.

Apa yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan kalsium?

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut:

• Masa hamil: gigi linu, sakit punggung dan pinggang ngilu, tegang, lemah, mual di pagi hari, insomnia, keram;

• Masa menyusui: gigi sakit dan linu, sakit pinggang, keram, osteoporosis, tulang mudah patah;

• Masa pertumbuhan: pertumbuhan terlambat, menurunnya imunitas tubuh, mudah terserang influenza, pertumbuhan tulang tak baik, kebusukan gigi, mata minus;

• Orang dewasa: keram otot, tegang dan sulit tidur, jantung berdebar tak normal, badan sering pegal;

• Menopose: sakit pingang, insomnia, tegang, nuansa hati tak baik;

• Manula: insomnia, osteoporosis, tulang mudah patah, tinggi badan menyusut, sakit punggung dan pinggang ngilu, keram.

Apakah orang China cenderung kekurangan kalsium?

Karena kebiasaan hidup tradisional orang China, yang mengkonsumsi makanan terutama dari sumber nabati, dan sangat kurang mengkonsumsi produk susu dan daging (susu adalah sumber utama kalsium dalam makanan), dan karena didalam tubuh terdapat kurang kalsium laktat, yang menyebabkan banyak orang merasa mual setelah minum susu, sehingga penyerapan kalsium orang China tidak sebaik orang barat, tinggi badan dan kekuatan tubuh orang China pun tidak sebaik orang barat, selain perbedaan unsur genetika, kurangnya konsumsi produk susu, dan kurang baiknya penyerapan kalsium merupakan salah satu penyebab utama.

Siapa saja yang lebih mudah mengalami kekurangan kalsium?

Terdapat tiga kelompok manusia yang mudah mengalami kerkurangan kalsium:
(1) bayi,
(2) ibu hamil and ibu menyusui,
(3) manula.

Pada masa bayi susu ibu adalah sumber utama kalsium; setelah bayi berhenti minum air susu ibu, pasokan kalsium yang bersumber dari tubuh ibu tiba-tiba terhenti, oleh karena itu bayi perlu mendapat suplemen kalsium. Pada anak-anak kekurangan kalsium dapat menyebabkan pertumbuhan tulang yang lemah, perkembangan terlambat, dan sebagainya; pada waktu bersamaan anak suka menangis, mempunyai tabiat yang aneh, tidur tak nyenyak, misalnya sulit tidur, malam terbangun, berkeringat banyak. Selain itu anak mengalami kebusukan gigi, mata minus, bahkan menurunnya imunitas dan daya tahan tubuh, mudah terserang flu, sakit panas, diare, dan sebagainya, ini kemungkinan berhubungan dengan kekurangan kalsium.

Para ibu hamil dan ibu menyusui juga memerlukan suplemen kalsium, ini berhubungan dengan kalsium dari tubuh ibu yang diperlukan oleh bayi dan anak-anak, jika tidak segera diberi suplemen yang memadai, maka akan dipertahankan dari kalsium yang bersumber dari tulang ibu. Setelah ibu hamil melahirkan, timbul gejala sakit pinggang, yang juga berkaitan dengan hal ini; apabila pada masa ini kalsium terlepas terlalu banyak, maka pada masa tua cenderung akan mengalami osteoporosis.

Fungsi penyerapan kalsium pada manula menurun, di mana penyerapan kalsium berkurang sedangkan sekresi bertambah. Setelah usia 40 tahun, setiap 10 tahun pelepasan kalsium dari tulang terjadi sekitar 3% - 5%, sehingga banyak manula yang mengalami osteoporosis. Penelitian beberapa tahun belakangan ini membuktikan bahwa kekurangan kalsium juga merupakan penyebab utama timbulnya hipertensi, diabetes, penyakit jantung koroner, dimnesia, dan berbagai penyakit alergi.



Mengapa kita memerlukan suplemen kalsium?

Dari data penelitian bersangkutan menunjukkan bahwa rata-rata penyerapan kalsium orang China kurang dari 400 – 500 mg/hari, sedangkan standar internasional Badan Kesehatan Dunia adalah 30% - 50% (kadar penyerapan kalsium jauh lebih rendah daripada negara-negara maju); Oleh karena itu, kebanyakan penduduk China (dan berbagai negara dan daerah lainnya) pada masa berkepanjangan mengalami kekurangan kalsium, maka boleh dikatakan bahwa menambah suplemen kalsium merupakan hal mendesak untuk menjamin kesehatan umum.

Siapa saja yang memerlukan suplemen kalsium?

• Manula;
• Ibu hamil dan ibu menyusui;
• Remaja dan anak-anak yang sedang tumbuh (terutama bagi mereka yang mempunyai kebiasaan “ memilih-milih ” makanan);
• Mereka yang mempunyai tubuh lebih lemah;
• Mereka yang menjalani diet ketat;
• Vegetarian;
• Mereka yang mempunyai gizi tak baik, dan fungsi penyerapan saluran pencernaan yang kurang baik;
• Mereka yang mengalami osteoporosis dan pertumbuhan tulang muda;
• Mereka yang dalam masa penyembuhan dari patah tulang;

Berapa banyak kalsium yang diperlukan tubuh manusia setiap hari?

Terlepas dari etnik dan suku, orang dewasa setiap hari memerlukan kurang lebih 600-800 mg kalsium, ibu hamil dan ibu menyusui memerlukan 1500-2000 mg, bayi dan manula memerlukan 1000- 1200 mg.

Kalsium yang dijual di pasar termasuk jenis apa?

Kalsium yang dijual di pasaran dewasa ini beragam, walaupun masing-masing merek berbeda, tetapi komposisinya dibagi menjadi dua kelompok kalsium yaitu kalsium non-organik dan organik. Misalnya kalsium fosfat, CA(HCO3)2, C3S, dan kalsium aktif yang terbuat dari sumber kulit kerang dan sejenis kerang termasuk kalsium non-organik; sedangkan kalsium organik termasuk kalsium glukosa glukonat, kalsium sitrat, SM5, kalsium threonat, AA-Ca * , dan lainnya.




Bagaimana cara memilih kalsium? Secara konkret kalsium dibagi menjadi berapa jenis?

Berbagai kalsium yang tersebut di atas, terlepas apakah itu kalsium non-organik atau organik (selain AA-Ca) setelah diserap ke dalam saluran pencernaan, akan diurai menjadi ion kalsium, setelah itu baru diserap oleh saluran usus.

Kalsium yang diserap dengan cara ionisasi (yang hampir merupakan kalsium yang dipasok oleh pasar sekarang ini, yang juga menggunakan kalsium tradisional beberapa puluh tahun belakangan ini) mempunyai beberapa keunggulan sebagai berikut:

• Cocok diserap dalam keadaan asam, sehingga penyerapannya lebih baik di dalam usus 12 jari dan usus besar, dan penyerapannya berkurang pada saluran usus bawah yang bersifat basa, kalsium tak dapat terurai sehingga mempersulit penyerapan;

• Mudah terhambat oleh asam oksalat dan asam nabati yang terdapat dalam makanan, sehingga mempengaruhi penyerapan:

Jadi, bagaimana memilih kalsium secara ilmiah?

Suatu jenis kalsium yang baik harus memenuhi standar sebagai berikut:
1. Daya urai (penguraian oleh air) yang tinggi;
2. Tingkat penyerapan yang tinggi oleh saluran usus;
3. Tingkat penggunaan biologis yang baik.
4. Kandungan logam yang rendah.

Selain itu, sewaktu memilih kalsium konsumen juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

• Tingkat penguraian kalsium berbeda, selain mempengaruhi penyerapan kalsium, juga menimbulkan sembelit pada orang tua, dan reaksi tak baik lainnya;

• Pada beberapa kalsium, tingkat PH penguraian oleh air sangat tinggi, dan bersifat sangat merangsang saluran pencernaan, setelah dikonsumsi lambung terasa panas, terutama akan menimbulkan luka pada saluran pencernaan anak-anak;

• Kandungan logam pada kalsium tertentu, misalnya, zat timbel, merkuri, dan arsenik sering melebihi standar yang ditentukan, sewaktu memilih harus sangat berhati-hati dengan petunjuk ini.





II. Perbandingan produk bersaing yang sejenis:

Apabila dibandingkan dengan produk lainnya, produk kalsium Tiens (yang terutama terbuat dari AA-Ca) mempunyai keunggulan sebagai berikut:

Produk kalsium non-organik yang sering dijumpai di pasaran terdiri dari “ kalsium aktif “ , kalsium fosfat, dan kalsium klorida; kalsium organik termasuk kalsium glukosa glukonat, kalsium laktat, kalsium sitrat, SM5, AA-Ca, dan sebagainya.

Sebenarnya yang disebut “ kalsium aktif “ adalah kalsium oksidasi, yang terbuat dari kulit kerang yang dibakar dengan suhu tinggi, mempunyai sifat basa yang sangat kuat (nilai pH >12), di dalam lambung perlu mengkonsumsi asam lambung dalam jumlah banyak, sehingga sangat merangsang lambung.

Kandungan kalsium dalam kalsium fosfat lebih tinggi, tetapi tingkat penguraian dalam air lebih kecil, hanya dapat diurai dengan asam lambung baru dapat melepaskan ion kalsium dan digunakan oleh tubuh, dengan demikian juga mengkonsumsi asam lambung dalam jumlah besar.

Sebutir kalsium oksidasi yang mengandung 200mg kalsium, pada kenyataannya di dalam lambung memerlukan 316ml – 633 ml asam lambung, baru dapat melepaskan ion kalsium di dalamnya; Sedangkan sebutir sediaan kalsium oksidasi, yang mengandung 600 mg kalsium, mengkonsumsi 948ml – 1899ml asam lambung (jumlah konsumsi asam lambung oleh kalsium fosfat lebih kecil daripada kalsium oksidasi).

Namun, dalam 24 jam orang normal hanya dapat mengsekresi 1500 – 2000ml asam lambung, asam lambung yang disekresi anak-anak dan manula lebih sedikit dan sifat basanya lebih kecil. Pada kondisi normal, waktu disimpannya makanan dalam lambung adalah 2 – 3 jam, selama waktu ini, lambung hanya mengsekresi tak sampai 200 ml asam lambung.

Jelas pada sediaan kalsium sejenis ini, kandungan kalsiumnya yang tinggi tidak mempunyai makna penting untuk menambah suplemen kalsium.

Penguraian kalsium klorida oleh air lebih baik, dan dulunya digunakan untuk injeksi tambahan kalsium pada keadaan darurat; tetapi karena terdapat efek samping yang lebih banyak, misalnya HCM, hipertensi, keram jantung sehingga sekarang tak lagi digunakan.

Sewaktu promosi, banyak produk menganggap bahwa apabila sumber kalsium berasal dari kulit kerang atau bubuk mutiara dan berbagai zat organik lainnya, maka dikatakan mempunyai sifat aktif biologis, sebenarnya hal ini tidak mempunyai landasan ilmiah.

Yang disebut bersifat aktif biologis seharusnya mempunyai sifat opsional penyerapan biologis dan sifat opsional penggunaan biologis; tetapi di dalam tulang mahkluk hidup dan kulit kerang, kalsium terutama disimpan dalam bentuk garam organik, dan sebenarnya tak mungkin bersifat aktif biologis.

Yang lebih menakutkan adalah, selama beberapa tahun belakangan ini lautan sangat tercemar, banyak ion logam pada waktu bersamaan berubah menjadi garam asam fosfat yang sulit terurai, mengendap pada kulit kerang dan mutiara, menyebabkan kandungan logam pada kulit kerang dan mutiara melebihi standar yang ditentukan, sehingga sulit mencapai standar kesehatan makanan.

Dan yang sering dilihat adalah garam kalsium mempunyai beberapa kelemahan, seperti mengandung kalsium yang rendah, tingkat penyerapannya rendah dan mempunyai efek samping dengan tingkat berbeda. Hasil percobaan menunjukkan bahwa tingkat penyerapannya dalam tubuh manusia hanya sekitar 30% atau lebih rendah, dan apabila dibandingkan dengan produk sejenis, tidak mempunyai kemajuan yang lebih banyak.

Di antaranya, tingkat penyerapan kalsium SM5 adalah 32%, efek sampingnya terutama adalah:
1. Toksinitas akut,
2. mudah menimbulkan penyakit kalsium tinggi dalam darah;
3. dapat menyebabkan kalsifikasi pembuluh darah dan kalsifikasi jaringan lunak, misalnya dapat menyebabkan batu ginjal dan penyakit lainnya.

Karena sebab-sebab tersebut di atas, kalsium SM5 tidak pernah disetujui oleh FDA Amerika sebagai suplemen kalsium, dan hanya digunakan secara klinis sebagai obat penurun fosfor darah dalam penyakit fosfor darah tinggi;

Kalsium laktat pada waktu bersamaan menambah kalsium ke dalam tubuh manusia juga memasukkan asam laktat yang membuat tubuh menjadi letih, sehingga tidak boleh digunakan untuk jangka waktu yang lama;

Tingkat penguraian kalsium sitrat sangat rendah, tingkat penyerapannya dalam tubuh manusia juga rendah;

Kandungan kalsium dalam kalsium glukosa glukonat rendah (8,9%) dan tidak boleh digunakan oleh penderita diabetes, sekarang ini secara klinis kalsium glukosa glukonat disuntikkan ke dalam pembuluh darah, yang digunakan untuk menambah kalsium dalam keadaan darurat.

AA-Ca yang bersifat aktif biologis telah menjadi titik penting penelitian suplemen kalsium baik di China maupun di seluruh dunia, yang mewakili arah baru produk suplemen kalsium.



AA-Ca mempunyai keunggulan sebagai berikut:

• Tingkat penyerapan tinggi --- AA-Ca termasuk sumber kalsium baru yang benar-benar bersifat aktif biologis. Tingkat penyerapan dan penggunaannya berkisar antara 75% sampai 90% ke atas; dibandingkan dengan kalsium pada umumnya lebih tinggi 60% - 80%, dibandingkan dengan kalsium dalam susu lebih tinggi sekitar 60%; selain itu, struktur AA-Ca stabil, sehingga tidak mudah bersatu dengan asam oksalat dan asam nabati di dalam saluran usus tubuh manusia, dan tidak menimbulkan kehabisan kalsium secara berlebihan.

• Penyerapan AA-Ca tidak memerlukan vitamin D3 yang harus ada dalam penyerapan kalsium pada umumnya. Hal ini disebabkan karena pada proses penyerapan AA-Ca tidak memerlukan transportasi protein kalsium, sedangkan fungsi fisiologis utama vitamin D3 adalah untuk menyatukan dan mengaktifkan penyatuan protein kalsium.

• Daya gabung AA-Ca dengan jaringan tulang sangat tinggi, 7 kali lipat daripada jaringan lainnya, sehingga tak dapat menimbulkan penyakit pembentukan batu di dalam jaringan, pada waktu bersamaan mempertinggi tingkat penggunaan kalsium di dalam tubuh; dewasa ini merupakan suplemen kalsium generasi baru yang ideal, aman dan handal.

• Kalsium jenis ini bersifat netral, sehingga tidak merangsang saluran pencernaan, dalam proses penyerapannya tidak mempengaruhi jumlah ekskresi asam lambung, juga tidak mempengaruhi sekresi normal asam lambung dan cairan pencernaan lainnya.

Tentunya, AA-Ca mempunyai keunggulan seperti ini, karena mempunyai persyaratan yang sangat ketat bagi besar kecilnya jumlah ion asam amino di dalamnya, struktur (struktur ruang dan struktur aktif optika, jumlah daya penyatuan ion kalsium dan daya penguraian oleh air dan lemak --- tanpa teknik proses yang canggih, persyaratan seperti ini sulit tercapai.

Rangkaian produk kalsium „ Tiens “ mempunyai merek dagang yang dapat diandalkan, kualitas yang sangat baik, teknik yang canggih dan pengawasan mutu yang ketat, akan membawa kepada Anda produk kalsium dengan kualitas yang sangat baik dan hidup sehat yang lebih berkualitas!

Unsur apa saja yang mempengaruhi penyerapan kalsium?

Keadaan tubuh: secara umum sewaktu tubuh kekurangan kalsium maka tingkat penyerapannya tinggi; sewaktu tubuh tidak kekurangan kalsium, maka penyerapannya lebih buruk.

Usia: anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh dan berkembang mempunyai fungsi penyerapan yang kuat, seiring dengan bertambahnya usia, tingkat penyerapan kalsium cenderung menurun. Tingkat penyerapan kalsium bayi bisa mencapai 50% - 60%, anak-anak dan remaja 30% - 40%, dewasa 20% - 30%, usia setengah baya: 10% - 20%, usia 60 tahun ke atas kurang dari 10%.

Fungsi pencernaan: sewaktu ekskresi asam lambung normal, tingkat penyerapan kalsium tinggi; bagi mereka yang mempunyai fungsi pencernaan tak baik (eksreksi asam lambung tak cukup), maka penyerapan kalsium secara relatif berkurang.

Komposisi lain dalam makanan: asam oksalat dalam bayam dapat bersatu dengan kalsium dan berubah menjadi kalsium oksalat yang sulit diurai, dengan demikian menghambat penyerapan kalsium; asam nabati pada padi-padian dan serat dalam makanan juga tidak baik bagi penyerapan kalsium.

Unsur apa saja yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium?

Berbagai zat dalam makanan seperti protein, asam amino, vitamin D3, dan laktat dapat meningkatkan penyerapan kalsium;

Keadaan tubuh:
olahraga dapat membantu penyerapan kalsium. Dengan berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang sesuai, maka dapat meningkatkan pengendapan kalsium tulang dan tingkat penyerapannya. Oleh karenanya, dengan berolahraga yang memadai, maka dapat membuat khasiat penambahan kalsium menjadi lebih ideal.

Sumber : http://www.tiens-stokis47.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar